Ketika Anda Membuat Kesalahan...




Tidak ada manusia yang sempurna. Tak jarang setiap orang pernah melakukan kesalahan saat bekerja. Entah itu tidak memenuhi tenggat kerja atau mengirimkan sebuah memo rahasia perusahaan kepada orang banyak? Yang pasti, semua kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja akan menimbulkan kekacauan.

Bila ini menimpa Anda, tetap tenang adalah kuncinya. Alih-alih memikirkan kesalahan Anda, lebih baik fokus pada solusi dan bagaimana memperbaiki kesalahan Anda dengan tips-tips dari Shawn Kent Hayashi, seorang pelatih eksekutif di Center Valley, PA seperti yang dilansir oleh laman Working Mother berikut ini. Simak baik-baik ya, Mom.



Mengakui kesalahan
Memang sulit untuk mengakui kesalahan pada diri sendiri, pepatah mengatakan “Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan terlihat”, sangat sulit untuk melihat kesalahan pada diri sendiri, dan sangat mudah untuk melihat kesalahan orang lain.
Berpura-pura tidak melakukan kesalahan, seolah-olah semuanya baik-baik saja hanya akan menjadi sebuah ‘kesalahan’ baru bagi Anda. Jika kesalahan yang Anda buat itu sepele dan sudah Anda perbaiki dengan solusi yang efektif, Anda bisa membuat sebuah email pengakuan atau email permohonan maaf. Tetapi jika kesalahan itu sangat besar, lebih baik segera beritahukan si bos, baik melalui ‘face to face’ maupun lewat telepon.

Jangan ragu untuk mengucapkan minta maaf
Untuk menjaga sikap profesionalitas Anda, cara terbaik untuk meminimalisir kesalahan Anda adalah meminta maaf. Pada awalnya mungkin sang atasan akan frustasi atau marah, tetapi berbuat kesalahan adalah manusiawi, dan si bos pasti akan memaklumi. Hindari untuk tidak meminta maaf atau menjadikan orang lain atau sesuatu sebagai kambing hitam kesalahan Anda.

Cari solusi
Jangan mengemis simpati kepada bos dengan terlalu mendramatisir keadaan. Misalnya Anda terus menerus meminta maaf sampai-sampai si bos merasa risih. Sebaliknya, jadikan diri Anda lebih rendah hati dengan mengakui kesalahan dan segera cari rencana untuk memecahkan masalah tersebut. Jadi, si bos merasa Anda telah kembali pada jalur yang benar.

Jika masalah sudah teratasi, pastikan untuk memberi tahu si bos tindakan apa yang selanjutnya akan Anda lakukan agar hal-hal seperti itu tak akan terjadi lagi di masa mendatang. Good luck ya,..